Header AD

Tim Riset Mobil Nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Buat Prototipe Mobnas, 90% Komponen Lokal

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil membuat prototipe mobil nasional (mobnas). Persentase komponen yang merupakan buatan lokal mencapai 90%. Kualitasnya juga telah teruji, bahkan bahan lebih baik daripada mobil buatan China.

Ketua Tim Riset Mobil Nasional Bambang Waluyo Febriantoko mengatakan, prototipe mobil nasional yang dibuat bukanlah barang rakitan. Komponen yang tidak dibuat sendiri hanya ban, kaca, lampu, pegas, dan gardan. Sementara untuk mesin, sasis cabin, desain mobil, asli buatan sendiri, sehingga dipastikan berbeda dengan yang di pasaran dan harganya bisa lebih murah jika diproduksi massal. ”Asli buatan sendiri, 90% komponen lokal,” kata Bambang saat peluncuran ulang dan test drive mobil Esemka Sang Surya di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, kemarin.

Menurutnya, UMS ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMK menjadi laboratorium CAD/CAM/CAE (laboratorium riset desain mobil nasional). Tim riset UMS memiliki tugas hingga tahun 2014 untuk melakukan penelitian dan pengembangan mobil nasional.

Dia menjelaskan, saat ini riset telah memasuki dua tahapan. Tahap pertama berupa pembuatan prototipe telah dilakukan dan hasilnya, jenis mobil minitruck dan SUV. ”Tahapan kedua, membuat dies (cetakan) bagian-bagian mobil,” katanya.

350 Komponen

Dalam pelaksanaannya tidak mudah dan membutuhkan waktu. Menurutnya, satu mobil setidaknya memiliki 350 komponen. Satu komponen dicetak dengan menggunakan tiga dies. Padahal, saat ini hasil riset baru sampai pada satu dies untuk sasis dan fender. Kendala juga terdapat pada dana. Untuk membuat satu dies setidaknya butuh dana Rp 1 miliar.

Pria yang juga menjabat sebagai kepala Laboratorium CAD/CAM/CAE UMS ini menuturkan, setelah dies jadi, pembuatan komponen mobil tidak lagi secara manual, melainkan melalui pressed body. Dies adalah langkah awal untuk produksi massal, karena pembuatannya jauh lebih cepat. ”Dalam satu menit bisa enam sampai tujuh komponen yang dihasilkan,” katanya.

Tim riset dies diberi dana Rp 1,94 miliar oleh Direktorat Pembinaan SMK. Riset di deadline Juni 2012. Setelah itu siap dilakukan proses pencetakan pertama. Proses persiapan pembuatan prototipe mobil nasional sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. ”Untuk membandingkan, kami membedah mobil China. Diteliti bahannya apa saja dan mencoba dibuat dengan bahan yang lebih baik,” katanya.

Sumber

Tim Riset Mobil Nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Buat Prototipe Mobnas, 90% Komponen Lokal Tim Riset Mobil Nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Buat Prototipe Mobnas, 90% Komponen Lokal Reviewed by Redaksi on 3:09 AM Rating: 5

10 comments

  1. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami mobil masa depan

    sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

      Delete
  2. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami perawatan mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mobil keren

    sukses selalu

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Desain Mobil

    ReplyDelete
  5. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!mobil sport

    ReplyDelete
  6. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda Beat 2014

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

    sukses selalu

    ReplyDelete
  8. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan >MBAH KABOIRENG< dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi >MBAH KABOIRENG< dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan >MBAH KABOIRENG< meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan >MBAH KABOIRENG< kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik >MBAH KABOIRENG< sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja >MBAH KABOIRENG< DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan >MBAH KABOIRENG< dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi >MBAH KABOIRENG< dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan >MBAH KABOIRENG< meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan >MBAH KABOIRENG< kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik >MBAH KABOIRENG< sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja >MBAH KABOIRENG< DI 085_260_482_111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    ReplyDelete
  9. Keren Juga Universitas Muhamaddyah Surakarta lanjutkan pembuatan Mobnas

    salam : Bunga Meja

    ReplyDelete

loading...

Post AD