Header AD

Micro Viar: Mobil Termurah Indonesia Di Dunia Rp. 30 juta

Mungkin anda berpikir bahwa mobil termurah di dunia adalah Tata Nano??? tidak, mobil ini sudah tidak bisa dibeli lagi dengan harga asalnya saat ini karena harganya di India sudah naik. Dan lagian mobil ini tidak akan dijual murah di Indonesia. Mobil ini akan dijual sampai empat kali lipat di Indonesia

Nah saat ini, VIAR Indonesia akan meluncurkan mobil dengan harga maksimal Rp. 30 juta. Yuukkk antri beli....

Indonesia's Viar Plans To Produce Worlwide Cheapest Car


Says who that Tata Nano, Toyota Agya and Daihatsu Ayla is the cheapest car in universe. Viar Motor Indonesia (VMI) with the Small and Medium Industries (SMI), Central Java showing off their cheap micro car concept for the rural people with the price of only IDR 30 million!

Head of Research and Development Viar Motor Indonesia Sugiantoro Heru said the car is still a prototype and will be produced next year. The model is still in the administrative requirements such as the completion of due diligence and emissions testing. "This model has passed the VIN (vehicle identification number) live diligence and emissions testing," he added in the automotive exhibition Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 in Jakarta.

Designers and researchers for prototype modeled Widya Ariyadi, said his work aimed at a predominantly rural and professional traders, plantation and agriculture as well as supporting the government's plan to MP3EI.

The model is a results of the study design in Semarang State University and took VMI as partner for engine supplier. It costs about IDR 30 million or half price of the Tata Nano. The model uses a Viar motorcycle engine with capacity 300 cc with manual transmission while the 250 cc using CVT automatic transmission.

The four passengers model which has a weight of 400 kg has fuel consumption of 1 liter for 25 KM. Later, the vehicle will use VMI after sales and service who already has 647 dealers across Indonesia.

Although cheap, it still prioritize comfort and resilience, since the model will be used in a rural field. The model has a tire size of 14 ' and using 60 percent imported components and 40 percent local.





Viar Menggebrak Melalui Produk Mobil Micro

Otosia.com - Di tengah sibuknya produsen besar menyiapkan LCGC di bawah Rp. 100 juta, Viar yang kondang sebagai pabrikan lokal sepeda motor yang terkenal dengan motor roda tiga pengangkut barang komplek perumahannya juga menawarkan prototipe mobil penumpang.

Harganya belum dipastikan, walau pihaknya yang berada di pameran IIMS 2012 menyebut angka tak sampai Rp. 50 juta dan sudah on-the road.

Desain ini pun bisa dengan mudah mengingatkan kita pada sosok Volkswagen (VW) Safari, terutama dengan tampilannya yang serba kotak, gurat-gurat tonjolan berbentuk persegi panjang, ketiadaan kaca dengan konsep kabriolet. Terlebih, VW Safari menjadi produk yang lazim di Indonesia.

"Ini masih prototipe jadi spesifikasinya belum ada. Produksinya oleh Viar dan industri daerah di Semarang. Harganya kira-kira tidak sampai Rp. 50 juta," ungkap perwakilan Divisi After Sales Viar Sunter di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mobil ini bermesin 300 cc (270 cc) 4-langkah 1-silinder bertenaga 14,5 kW dan torsi 20 Nm pada 5.000 RPM. Ia memiliki panjang 2.780 mm, lebar 1.270 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu rodanya 1.830 mm serta jarak bodi ke tanah 150 mm.

Mobil dua penumpang ini diklaim bisa menampung bobot hingga 650 kg dengan efisiensi bahan bakar maksimal 1 liter untuk 25 km (kondisi tanpa beban). Ia pun memanfaatkan transmisi model rotari seperti pada motor bebek dengan susunan netral-1-2-3-4-5.

Walau prototipe, sumber tadi menyebut bahwa produksi sudah dilakukan dan sejauh ini sudah ada sebanyak 30 unit. "Produksi massal diharapkan pada awal 2013. Modelnya pun nanti berkembang ke pick-up dan lainnya," beber sumber tersebut.



Unes dan Viar Siapkan Mobil Kecil untuk Menyaingi Tata Nano

KompasOtomotif – Di tengah hiruk-pikuk, euforia mobil nasional Astra Agya-Ayla, Widya Aryadi, dosen Universitas Negeri Semarang (Unes), dengan semangat  pantang menyerah terus  memperkenalkan mobil murahnya. Kalau pada 2010 memajang Unitity Personal Vehicle (UPV), tahun ini kembali memperkenalkan mobil kecil atau kendaraan mikro yang  belum diberi nama. Ya,...sampai kini, belum ada konsep mobil yang sudah dipamerkan Widya (Unes) diproduksi secara massal.

Malah setelah memperkenalkan prototipe terbarunya, mirip Jeep Mini di kelompok stand Usaha Kecil Menengah (UKM), Widya mengatakan sedang menyiapkan mobil kecil untuk menyaingi Tata Nano yang berencana masuk ke Indonesia (juga dipamerkan di IIMS 2012). "Kita ingin melihat harga yang ditawarkan Tata untuk konsumen Indonesia. kalau Nano dijual Rp 50 juta, kita bisa jual separohnya. Struktur bisa lebih baik," yakin Widya.

Viar
“Kali  ini Viar serius! Mereka mau mendirikan pabrik. Kini sudah punya beberapa prototipe. Kami sudah kirimkan “blue print” ke China untuk membuat sasis atau gardan untuk mobil ini. Beberapa komponen masih kita impor,” jelas Widya yang sengaja menghubungi KompasOtomotif, kemarin pagi sebelum IIMS 2012 dibuka.

Pada mobil kecil yang dipajang hanya beri label “LP2M’. “Belum ada nama. Ancar-ancarnya Tani 300. Angka terakhir menunjukkan kapasitas mesin 300 cc yang digunakan.  Untuk menggerakkan mobil ini saya menggunakan mesin Viar yang sudah digunakan pada sepeda motor roda tiga,” jelas Widya.

Dijelaskan, Unes dan Viar masih berkeinginan kuat membuat mobil  nasional karena pemerintah juga berencana membangun industri otomotif nasional, khusus untuk industri kecil  yang membuat mobil kecil dengan mesin 500 cc untuk  angkutan di pedesaan.

Pengemudi + 1 penumpang
Sebagai atap, Widya menggunakan kanvas bisa dibuka. Hanya disediakan jok depan, untuk pengemudi dan penumpang. Di belakang, tersisa ruang cukup besar untuk membawa barang. Prototipe yang diperlihat memang agak kasar, dan tempatnya karena menarik. Malah “nyempil” di samping produsen aksesori sepeda motor.

Rp 30 juta
“Rencananya sih untuk pendesaan. Harganya ditargetkan Rp 30 juta,” jelas Widya tentang target pasar mobil ini.

Cukup unik, tangki penyimpanan bahan bakar berkapasitas 15 liter berada di depan pengemudi atau pada mobil adalah dasbor. Panel instrumen diadopsi dari sepeda motor. Begitu juga dengan lampu-lampu.

Seperti sepeda motor roda tiga, mobil digerakkan oleh roda belakang dengan menggunakan as kopel dan gardan. Sedangkan untuk memindahkan gigi atau mengoperasikan transmisi, digunakan tongkat panjang seperti mobil zaman dulu.

“Saya lengkapi dengan gigi low (rendah) dan high (tinggi) sesuai dengan penggunaan saat bawa barang atau menempuh medan,”jelas Widya sambil memperlihatkan tongkat pengopersian gigi. Ditambahkan pula mobil ini sudah diminati oleh pengusahaan di Bali untuk disewakan kepada turis. “Sudah ada tertarik,” jelasnya.






Micro Viar: Mobil Termurah Indonesia Di Dunia Rp. 30 juta Micro Viar: Mobil Termurah Indonesia Di Dunia Rp. 30 juta Reviewed by Redaksi on 11:32 PM Rating: 5

1 comment

loading...

Post AD