Header AD

Motor Bertenaga Gas dan Listrik Indonesia Didahului Jepang

TEKAD Indonesia untuk memproduksi motor yang berbahan bakar gas dan listrik ternyata didahului oleh Jepang. Di Jakarta MotorCycle Show (JMCS) 2012, PT Astra Honda Motor memajang tiga motor konsep mereka yang bertenaga listrik. Motor-motor ini adalah Honda RC-E, Honda EV Cub dan Honda Eve-Neo. 

Indonesia sendiri telah menggagas motor dengan bahan bakar alternatif  untuk menyiasati konsumsi BBM bersubsidi yang banyak dimakan oleh motor. Menjelang masa reses DPR-RI, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melakukan kunjungan ke Pacitan, Jawa Timur. Dalam kunjungannya, Anas dan Ibas menjajal sepeda motor dengan bahan bakar gas (BBG).

Sepeda motor ini adalah karya siswa SMKN 2 Pacitan. Pabrik Gas Negara (PGN) mempresentasikan sepeda motor ini di depan Anas dan Ibas, dan juga Bupati Pacitan, Indarto, di kantor Bupati Pacitan, Jl Jaksa Agung Suprapto, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (14/7/2012).

Namun jangan bayangkan jika bahan bakar sepeda motor ini persis seperti yang digunakan bus Transjakarta atau bajaj yang sering berkeliaran di Jakarta. Sepeda motor ini menggunakan tabung gas 3kg yang sering disebut tabung melon. Tabung gas 3 kg itu diletakkan di atas lampu belakang sepeda motor yang dikendarai Anas.

Saat hendak menjajal motor ini, Anas mengajak Ibas untuk membonceng. Mereka berdua mengelilingi area perkantoran Bupati Pacitan.

“Ayo, Pak Sekjen, naik!” seru Anas sebagaimana dilaporkan Detik.

Dalam presentasinya, salah satu staf PGN mengatakan jika sepeda motor ini sama sekali tidak menggunakan bensin. Sepeda motor ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi udara.

“Tidak ada bensin, karburator kita copot. Dengan gas 3kg, jarak tempuh bisa mencapai 600 km. Karena pakai gas jadi tidak ada asap CO2,” terang staf PGN, Handi Susanto.

“Sepeda motor ini juga bisa jadi solusi untuk daerah-daerah di Indonesia yang minim sekali ketersediaan bahan bakar minyaknya,” sambung Handi.

Kesempatan

Motor-motor dengan bahan bakar alternatif ini menjadi solusi mandeknya penjualan motor bebek Indonesia bermerk Kanzen. Konsep motor gas dan listrik bila dikembangkan oleh kanzen akanmenjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati kehadiran produk Indonesia yang inovatif.
Motor Bertenaga Gas dan Listrik Indonesia Didahului Jepang Motor Bertenaga Gas dan Listrik Indonesia Didahului Jepang Reviewed by Redaksi on 4:35 AM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD