Header AD

SPYDER 1.0 L: Mobnas Asli SMK Bergaya Humvee

 Kota Magelang juga memiliki mobil esemka, mobil ini merupakan kerjasama antara BPPT, Kantor Litbang Kota Magelang, SMKN 1 (STM Cawang) dan Karoseri Agustus. Mobil yang diberi nama SPYDER ini masih berupa prototype, bermesin RUSNAS (Riset Unggulan Skala NASional) 500 CC produksi Tegal.



Muhammadiyah kembangkan teknologi full press body


Mobil nasional (mobnas) buatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Esemka, harus dikerjakan dengan teknologi yang lebih canggih. Untuk mendukung ini, tim riset Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap memberi bantuan pengembangan teknologi.

Terutama untuk produk mini truk, UMS siap mengembangkan Mobnas Esemka menjadi full press body. Hal ini agar SMK tidak kewalahan melayani permintaan pasar. Bambang Waluyo, Ketua tim riset Mobnas Esemka mengatakan pembuatan body mobil secara manual diperkirakan membutuhkan waktu lama tiga bulan, tetapi dengan dies atau cetakan produksinya lebih cepat.

"Tugas kami melakukan riset desain untuk mobil mini truk, pembuatan prototipe, dan pembuatan dies untuk komponen Outer Fender serta Chassis Long member Desain mobil dilakukan di Laboratorium di Fakultas Teknik UMS, menggunakan Software Solidworks," kata Bambang di Solo, Kamis (5/1)

Menurut dia, pembuatan prototipe dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang. Desain dies dilakukan di Laboratorium UMS, pengecoran dies dilakukan di PT Baja Kurnia Ceper Klaten, proses machining dilakukan di PT Tossa Semarang.

Diperkirakan dies bisa digunakan pada bulan Juni mendatang. Tahapan yang telah dilakukan tidak hanya sebatas merakit. Namun, kata dia, sudah pada tahap pembuatan komponen satu unit mobil mini truk dengan kandungan pembuatan sendiri 90 persen.

Pengembangan mobnas Esemka full pess body merupakan riset tahap kedua yang dilakukan UMS.

SPYDER 1.0 L: Mobnas Asli SMK Bergaya Humvee SPYDER 1.0 L: Mobnas Asli SMK Bergaya Humvee Reviewed by Redaksi on 3:58 AM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD