Header AD

Onuk Sazan, Mobil Sport Asal Turki Dibanderol Rp 2,7 Miliar

Di penghujung 2009, sebuah perusahaan pembuat perahu di Turki yaitu Yonca Onuk mengumumkan akan memproduksi varian sedan sport yang diberi nama Onuk Sazan. Meski belum disebutkan kapan persisnya mobil ini akan diproduksi, namun prototipe mobil ini telah ditampilkan.

Adalah doktor Ekber Onuk - pemilik Yonca Onuk - yang merancang mobil tersebut. Seperti disebut motorauthority, Ekber merancang mobil itu untuk dipersembahkan kepada almarhum putranya, Kaan 'Sazan' Onuk yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas pada 1996 lalu.

Prototipe yang ditampilkan Ekber itu menggunakan mesin Corvette LS7 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 512 daya kuda dengan torsi 635 Newton meter (Nm). Mobil sport yang menggunakan sistem transmisi manual dengan lima tingkat percepatan itu diklaim mampu melesat hingga 300 kilometer per jam.

Namun, ada kemungkinan untuk memproduksi tipe lain yang menggunakan mesin milik salah satu varian Nissan yang berkapasitas 3.500 V6 turbocharged VQ34DE. Mesin tersebut diakui dapat menghasilkan tenaga hingga 485 daya kuda dengan torsi 588 Nm. Tipe itu dibekali sistem transmisi enam percepatan gearbox XTRAC 6.012.

Ekber Onuk mengaku mobil yang akan diproduksi hanya lima unit saban tahunnya itu, memiliki bobot yang ringan karena menggunakan sasis dari serat karbon. Para insinyur di Yonca Onuk mengklaim berat mobil bisa ditekan hingga hanya berbobot bersih 1.000 kilogram (kg) saja.

Tetapi Ekber Onuk menyebut, dirinya optimistis berat mobil yang akan dibanderol 200 ribu euro atau sekitar Rp 2,7 miliar itu bisa ditekan sehingga bobot bersihnya hanya 920 kg.
Onuk Sazan, Mobil Sport Asal Turki Dibanderol Rp 2,7 Miliar Onuk Sazan, Mobil Sport Asal Turki Dibanderol Rp 2,7 Miliar Reviewed by Redaksi on 11:30 PM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD