Header AD

ESEMKA Bangkit Lagi, Begini Strateginya

CAR&AUTONEWS -- Terbilang baru merintis di pasar otomotif Tanah Air, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ESEMKA) sebagai perusahaan otomotif lokal garapan mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono ini yakin bisa bersaing dengan merek Jepang, dan lainnya. Sejumlah strategi pun tengah dipersiapkan.

“Bukan sekadar yakin, tapi lebih dari pada yakin, karena kita ini kan di peradaban yang sudah maju. Kita melihat itu berdasarkan tuntutan dan pilihan konsumen, jadi kita tidak ada ikatan harus memproduksi sesuatu yang sudah terkunci,” buka Hosea Sanjaya, selaku Managing Director ESEMKA, di Cibubur, (5/5).

Untuk meghadapi persaingan pasar dengan para pelaku industri otomotif besar, ESEMKA mempersiapkan strategi khusus, di antaranya kompetisi harga dan kualitas produk.

“Jadi kita juga belajar dari yang sudah ada. Semua pengaturan kita itu berhubungan langsung dengan original equipment manufacturer (OEM). Kerjasama kita murni dengan hal-hal yang original, jadi tidak ada istilahnya suatu produk yang kita olah lalu kita tempel saja satu merek, itukan parah. Sehingga kualitas yang kita tawarkan baik,” urai Hosea.

Sementara menghadapi persaingan harga, Hosea menjelaskan, mengambil cara pemangkasan biaya produksi dengan cara memperpendek jalur distribusi. Artinya, tidak terlalu banyak menggunakan jaringan dealer, main dealer, dan distributor.

“Kita tidak mau berwacana lagi, semua sudah kita persiapkan, harga harus bisa memberi nilai tambah, yakni harga harus bisa bersaing. caranya dengan memperpendek jalur distribusinya.”

Realisasinya, tambah Hosea, dengan langsung menjual kepada pemakai, sehingga bisa menghemat biaya untuk pendistribusian.

Selain itu, karena target sasaran di segmen mobil komersial untuk masyarakat pedesaan, maka layanan after sales model jemput bola. “Kita sediakan unit mobil servis dan teknisi andal yang langsung datang ke konsumen atau siap blusukan ke desa-desa.”

Model layanan aftersales seperti ini, terang Hosea, tentu bisa memudahkan konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan dengan mudah dan tidak terbebani.

More

ESEMKA Bangkit Lagi, Begini Strateginya ESEMKA Bangkit Lagi, Begini Strateginya Reviewed by Admin2 on 7:48 AM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD