Header AD

Jepang Produksi Mobil Murah di China seharga Rp 23,5 Juta, Bukan di Indonesia

Sejak pertama kali diperlihatkan, Tata Nano langsung menghentak dunia dan menjadi mobil termurah sejagat. Tapi kini, Tata Nano mendapat saingan dari China, Jiangnan Alto yang dijual hanya lima ribu rupiah lebih mahal dari Tata Nano.

Di India, Tata Nano dilepas mulai harga 124.106 rupee atau sekitar Rp 23.519.154,- sementara Jiangnan Alto baru saja dijual di China dengan dengan harga 17.800 yuan atau sekitar Rp 23.524.677,- atau Rp 5.523,- lebih mahal.

Namun, harga ini sebenarnya masih lebih murah dari perkiraan awal. Sebab tahun lalu, Jiangnan Alto diperkirakan akan dilepas dengan harga 20.000 RMB atau sekitar Rp 26,4 jutaan

Meski selisih harga ini tergolong sangat tipis, tapi praktis dengan selisih harga ini Tata Nano pun berhasil mempertahankan predikatnya sebagai mobil termurah di dunia.

Jiangnan Alto yang kini harus puas hanya menjadi mobil termurah di China ini seperti detikOto kutip dari china car times, Jumat (26/5/2011), diboyong oleh Zoyte setelah sekian lama vakum di pasar China.

Mobil yang desainnya sederhana ini sebenarnya adalah sebuah Suzuki Alto yang pernah masuk pasaran China pada medio 90an sampai 2000an awal. Ketika itu, Suzuki Alto dibawa oleh empat pabrikan mobil lokal yakni Chang’an Auto, Jiang Nan, Xi’an Tai dan Sichuan Auto.

Di tangan keempatnya, nama Suzuki Alto kemudian berubah menjadi Chang’an Alto, Jiangbei Alto, Jiangnan Alto dan Tai Chuan Alto sebelum akhirnya berhenti dipasarkan.

Kini setelah kembali ke pasar, mobil ini pun langsung menghentak. Sektor dapur pacu mobil ini dikatakan telah mengalami peningkatan kualitas hingga memenuhi standar emisi Chinese5.

Di atas kertas, Jiangnan Alto memiliki keunggulan di sektor mesin dibanding dengan Tata Nano. Bila Tata Nano hanya mengusung mesin 623 cc dengan tenaga hanya 33 PS, Jiangnan Alto hadir dengan mesin 800 cc berkekuatan 36 bhp.

Melihat hal itu, Tata Nano sepertinya kini harus segera waspada. Apalagi ada beberapa pabrikan mobil yang sudah secara terang-terangan ingin menantang pabrikan India itu dalam membuat mobil termurah di dunia.

Seperti pabrikan mobil China, Geely yang memiliki rencana untuk mengeluarkan sebuah mobil sangat murah bernama Intelligent Geely (IG) yang bahkan harganya dibawah harga Tata Nano yakni hanya 10.000 RMB atau sekitar Rp 13,5 jutaan. Mobil ini rencananya akan diproduksi pada tahun 2013 mendatang.

Atau mobil mungil buatan Nissan-Renault yang kabarnya akan menyaingi Tata Nano dengan harga US$ 2.500 atau sekitar Rp 21,4 jutaan saja.
Jepang Produksi Mobil Murah di China seharga Rp 23,5 Juta, Bukan di Indonesia Jepang Produksi Mobil Murah di China seharga Rp 23,5 Juta, Bukan di Indonesia Reviewed by Redaksi on 7:37 PM Rating: 5

6 comments

  1. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami mobil amerika

    sukses selalu

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mesin Mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!mobil sport 2014

    ReplyDelete
  4. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Daihatsu Terios 2014

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) andien

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

    sukses selalu

    ReplyDelete

loading...

Post AD