Header AD

Industri Otomotif Nasional Harus Kuat

Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Johnny Darmawan mengatakan, Indonesia wajib memperkuat industri komponen otomotif di Indonesia. Pasalnya, gempa yang terjadi di Jepang, Maret 2011, membuat industri otomotif Tanah Air mengalami gangguan pasokan kendaraan dan suku cadang.

Johnny menjelaskan, Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara dan terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Kesiapan industri otomotif dan pendukungnya menjadi sesuatu yang mutlak. Guna merealisasikan hal ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap dukungan dari pemerintah, khususnya dalam hal perbaikan infrastruktur dan ketersediaan energi.

"Kita harus mulai memikirkan bagaimana memajukan industri otomotif nasional agar Indonesia bisa menjadi basis produksi. Ekspor menjadi salah satu keunggulan suatu negara ketika ditunjuk sebagai basis produksi," ujar Johnny yang juga Ketua Penyelenggara Indonesia International Motor Show 2011 (Ketua Penyelenggara IIMS 2011) dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, hari ini (3/5/2011).

Sementara itu, guna menggali pengembangan industri otomotif lokal, Gaikindo akan menggelar The 6th Indonesia International Automotive Conference bertema "The Indonesian Automotive Industry Post 1 Million Cars" di JIExpo, Jakarta, 21 Mei mendatang. Pada kegiatan ini diharapkan para pemegang keputusan otomotif Indonesia bisa menghasilkan satu agenda besar terkait masa depan industri ke depan, ke arah pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Konferensi ini merupakan agenda tahunan yang akan dilaksanakan Gaikindo sebelum IIMS digelar pada Juli 2011. Tahun ini, Gaikindo juga menyambut kehadiran Pertamina sebagai sponsor utama pameran otomotif terbesar ini. Selain itu, Tokobagus.com sebagai sponsor pun turut memeriahkan perhelatan IIMS 2011. "Sebagai situs jual beli online terbesar di Indonesia yang kali ini berkesempatan mendukung event IIMS 2011, kami merasa antusias dan optimistis bahwa ajang tahun ini juga akan semarak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya," kata Arnold Sebastian Egg, Presiden Direktur Tokobagus.com.
Industri Otomotif Nasional Harus Kuat Industri Otomotif Nasional Harus Kuat Reviewed by Redaksi on 11:09 PM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD