Header AD

Perang Jepang terhadap Indonesia: Jepang Cengkram Industri Mobil Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum kalau pasar mobil di Indonesia di dominasi oleh produsen mobil asal negeri matahari terbit. Jepang bahkan menguasai 95 persen dari seluruh populasi mobil yang ada di tanah air.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di Pasific Place, Jakarta, Rabu (23/2/2011).

"95 persen penjualan mobil di indonesia dari Jepang," ungkapnya.

Jonfis lalu menjelaskan kalau di Indonesia sekarang ada sekitar 300-an model mobil yang beredar. Dari jumlah tersebut, Jepang jelas mendominasi dan mencengkram pasar.

Lebih lanjut Jonfis juga menjabarkan kalau dari 300-an model mobil yang beredar di Indonesia itu, hanya 11 model yang sudah mampu berdiri tegak dengan angka penjualan di atas 1.000 unit perbulan.

"Hanya 11 model dari 300-an model yang beredar yang bisa menjual diatas 1.000 unit. Bisa dibilang hanya mereka yang aman kalau dilihat dari skala ekonominya. Dari 11 model, Honda menyumbang 3 model, Jazz, Freed dan CR-V," jelasnya.

Banyak model yang beredar di Indonesia menurut Jonfis adalah buah dari mudahnya birokrasi untuk mendatangkan mobil ke Indonesia khususnya mobil impor.

"Sekarang tidak ada kewajiban untuk produksi mobil di sini, jadi lebih mudah impor. 1-2 mobil saja bisa diimpor," tukasnya.

Sebagai informasi, Indonesia di tahun 2010 lalu berhasil mencatatkan penjualan mobil total sebesar 764.710 unit. Angka ini jauh di atas target Gaikindo yang berada di kisaran 730.000 unit dan juga merupakan rekor baru bagi Indonesia.

Dan di tahun 2011 ini, bila tidak ada aral melintang, kemungkinan angka 800 ribu unit sangat mungkin akan tercapai.
Perang Jepang terhadap Indonesia: Jepang Cengkram Industri Mobil Indonesia Perang Jepang terhadap Indonesia: Jepang Cengkram Industri Mobil Indonesia Reviewed by Redaksi on 6:25 AM Rating: 5

No comments

loading...

Post AD